Pendidikan Gratis, Sekolah Harus Kreatif

tut-wuri-handayani-300x297Mulai awal 2009, pemerintah mendeklarasikan pendidikan gratis bagi sekolah di jenjang pendidikan dasar. Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama negeri penerima Bantuan Operasional Sekolah harus membebaskan siswanya dari berbagai pungutan operasional sekolah non-personal. “Kecuali RSBI dan SBI serta sekolah-sekolah yang berbasis keunggulan lokal,” tegas Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Prof. Suyanto, Ph.D.
Prof. Suyanto berbicara di hadapan peserta Lokakarya Dewan Pendidikan yang terdiri dari Ketua dan Pengurus Dewan Pendidikan Provinsi dan Dewan Pendidikan Kabupaten/Kota. Lokakarya Dewan Pendidikan digelar di Hotel Purnama 2, Cipayung, Bogor, Jawa Barat, pada 11-12 Maret lalu.

Kendati gratis bukan berarti sekolah tidak boleh menerima sumbangan dari masyarakat. Syaratnya, sumbangan tersebut tidak boleh mengikat. “Indikasinya adalah jumlah dan waktunya tidak ditentukan,” ujar Suyanto. Sedangkan sekolah yang tidak gratis boleh memungut biaya dari orangtua siswa, masyarakat, dan kelompok apa saja yang peduli pendidikan asal tidak memberatkan.

Pendidikan gratis, lanjut Suyanto, sedianya tak membuat sekolah tidak kreatif. Diam dan tidak inovatif lantaran kekurangan dana. Sekolah mestinya tetap berjalan dengan memanfaatkan berbagai potensi yang dimilikinya. Jika dana operasional sekolah yang diambil dari BOS tidak mencukupi, menjadi kewajiban Pemerintah Daerah untuk mencukupinya. “Oleh karena itu, Dewan Pendidikan dapat menjadi kekuatan untuk membantu Pemda,” harap Prof. Suyanto.

Hal penting lain dalam pelaksanaan program BOS adalah transparansi. Masyarakat tahu apa yang dibutuhkan dan tahu apa yang harus dilakukan jika mengetahui terjadinya indikasi penyimpangan. Karena itu, fungsi monitoring dan evaluasi sangat penting. “Dewan Pendidikan dapat menjadi tempat konsultasi bagi sekolah yang ragu menentukan pembiayaan sekolah,” jelas Prof. Suyanto. (mandikdasmen)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: