Karya Tulis Ilmiah Akan Diterapkan Mulai Golongan III/b

Bandung – Kemampuan menulis, adalah hal mutlak yang harus dikuasai oleh guru. Tanpa menulis jangan harap bisa naik pangkat. Demikian ditegaskan oleh Sekjen Klub Guru Indonesia (KGI), Mohammad Ihsan, Sabtu (21/3/2009). dalam acara Silaturahmi Klub Guru Indonesia, di GSG Salman ITB, Bandung.

“Menurut peraturan pemerintah, akan sulit bagi guru untuk dapat naik pangkat dari golongan IV/A ke IV/B jika tidak mampu membuat karya tulis. Bahkan saat ini sedang digodok di Menpan (Pendayaan Aparatur Negara – red.), kemampuan membuat karya tulis tersebut akan diterapkan dari guru golongan III/B dan III/C,” tegas Ihsan. 

Untuk itulah maka dalam kesempatan berdiskusi dengan sekitar 50 orang perwakilan KGI dan industri pendukungnya, Ihsan menekankan pentingnya peningkatan kapasitas sumber daya manusia, khususnya guru, dalam era pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dewasa ini.

Selain itu, menurut Ihsan, setidaknya guru yang bergabung dalam Klub Guru Indonesia, dapat memiliki dan mengembangkan tiga kompetensi wajib. Apakah kompetensi tersebut? “Mempunyai dan aktif menggunakan e-mail dan mailing-list, mampu membuat presentasi multimedia dan memiliki blog,” paparnya.

Selain para guru, turut hadir dalam diskusi ini perwakilan dari Intel Indonesia, Southeast Asian Minister of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC), Detik.com dan sejumlah pihak pendukung kegiatan KGI lainnya.

SAGUSALA

Dibahas pula dalam kesempatan ini tentang program SAGUSALA, alias Satu Guru Satu Laptop. Sejumlah enam vendor laptop merek dalam negeri, saat ini tengah terus melakukan penyesuaian kebijakan harga bagi para guru yang tergabung dalam KGI. Diskusi berlangsung sejak pukul 13.00 WIB dan dijadwalkan akan berakhir pada pukul 18.00 WIB.

Intel, berencana mem-bundle laptop yang nantinya masuk dalam program SAGUSALA tersebut dengan konten tentang belajar blog, pengetahuan PC fundamental dan sejumlah buku sekolah elektronik. Untuk pilihan sistem operasinya, nanti akan dibebaskan kepada para guru. “Intel akan memberikan sejumlah skema pengadaan laptop untuk guru, baik terkait spesifikasi teknis maupun model pembayarannya,” ujar Arya Sanjaya, Business Development Manager, World Ahead Program, Intel Indonesia.

Sumber : detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: